Membahas Masalah Teknik dan Ilmu Tentang Musik

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 03 November 2016

Cara Belajar Tuning Stem Gitar Dan Bass Dengan Mudah Cepat

Tuning Gitar Dan Bass – Menyetem (Tuning) adalah salah satu ilmu paling dasar untuk di ketahui oleh para musisi salah satunya adalah gitaris dan bassis yang memang harus sudah di luar kepala. Cara menyetem atau tuning biasanya sudah bisa dilakukan secara langsung oleh beberapa musisi yang pengalaman di dunia musik sudah cukup lama, dimana telinga mereka memang sudah sangat lekat sekali dengan namanya nada dasar.

Cara menyetem atau tuning khususnya untuk gitar dan bass ini bisa dilakukan dengan banyak metode sekali, salah satunya dengan bantuan dari alat yang memang sudah di sediakan. Salah satu media alat untuk mentuning gitar atau bas bisa menggunakan smartphone yang bisa di ambil dari play store, namun terlepas dari itu juga ada alat lains eperti efek gitar elektrik, tuning khusus yang di jepitkan di gitar atau bass (Tuner), tuning yang di tempelkan di gitar akustik elektrik, dan lain sebagainya.

Untuk tuning sendiri disini di bagi menjadi 3 bagian, dimana mungkin kebanyakan dari musisi pemula hanya mengenal tuning standart saja. Tuning disini ada yang Tuning Standart, Tuning Drop D, dan juga Tuning Drop C, namun untuk patokan sendiri pasti ada di angka 440. Berikut ulasan lengkapnya.
Cara Belajar Tuning Stem Gitar Dan Bass
Cara Belajar Tuning Stem Gitar Dan Bass

TUNING STANDAR DROP E
Untuk tuning standart ini sendiri sering sekali di gunakan oleh hampir semua musisi, dimana ini memang memiliki standart dari nada yang sering di jadikan patokan untuk memainkan musik. Tuning ini memiliki nada E B G D A E (mulai dari senar bawah).

TUNING DROP D
Drop C atau tuning Drop C masih banyak yang menggunakan terutama bagi gitaris atau bassis yang memiliki genre Rock, Metal, dan lain – lain, biasanya ini sering gi dunakan oleh gitars – gitaris yang selalu mengutamakan permainan dape dan permainan senar atas yang berfungsi untuk memudahkan bermain. Tuning ini sendiri memiliki nada E B G D A D(mulai dari senar bawah). Gitaris yang menggunakan Drop C ini adalah Cella Kotak, Synaster Gates.
Lihat juga :
TUNING DROP C
Untuk tuning ini sendiri mungkin sangat sedikit sekali yang menggunakanya dan mungkin kebanyakan musisi malas menggunakan nada ini, namun tidak menutup kemungkinan ada yang menggunakan tuning ini. Alasan kenapa banyak musisi yang tidak menggunakan tuning ini adalah, karena nada yang di hasilkan sangat rendah sekali dan tentunya akan mempengaruhi dari lagu yang di hsailkan dan vocal yang di keluarkan. Nada yang untuk tuning ini adalah D A F C G C (Dimulai dari senar bawah).

Jangan Lupa Di SHARE Ya, , , , !!!
SHARE Biar Saling Berbagi Ilmu Musik, , , , !!!