Membahas Masalah Teknik dan Ilmu Tentang Musik

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 15 Oktober 2016

Cara Tips Menjaga Kesehatan Pita Suara Vocalis Agar Tidak Berantakan

Cara Menjaga Kesehatan Suara – Seorang vcalis atau penyanyi tentunya memiliki peraturan pola hidup yang benar dan tidak dapat melakukan hal – hal yang bisa merusak pita suaranya atau memperburuk suaranya sendiri. Ada beberapa peraturan yang harus dimiliki oleh seorang penyanyi atau vocalis dalam menjalani kehiduanya sehari – hari, dimana ini tentunya menjadi kebaikan dari seorang penyanyi itu sendiri agar suaranya tetap bisa di terima oleh masyarakat luas.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan suara yang harus anda lakukan agar suara tetap bisa jernih, dan bisa untuk menaikan Range atau Oktaf vocal kalian sendiri.

1. Kebutuhan Cairan
Cukupilah minum air putih agar anda terhidar dari dehidrasi yang kuat, karena dengan dehidrasi maka tingakat nada vocal biasanya akan terasa sagat lambat untuk berkembang. Selain dari air yang bisa anda konsumsi, cobalah untuk sering mengkonsumsi juga buah – buahan yang memilki nadungan air cukup banyak. Hindari minuman yang berbau alkohol dan juga soda.

2. Istirahat Bersuara
Bukan hanya tubuh saja yang perlu di istirahatkan, namun suara juga harus di istirahatkan layaknya seperti anggota tubuh kamu sendiri. Jika kamu saat ini memiliki profesi atau pekerjaan yang mengharuskan banyak berbicara, ambilah beberapa kesempatan untuk bisa mengistirahatkan suara anda sendiri.

Jangan terlalu sering juga untuk berteriak dan menjerit2 saat bercanda ataupun mengobrol dengan teman, karena itu akan mengakibatkan tenggorokan kamu sendiri menjai kering dan akan kekurangan cairan.
Cara Menjaga Kesehatan Suara
Cara Menjaga Kesehatan Suara
3. Rokok
Rokok adalah salah satu perusak pita suara yang cukup fatal, jadi hindarilah kamu untuk merokok. Lalu kenapa ko banyak vocali band yang merokok? seorang vocalis yang sudah merokok pasti sulit sekali untuk menaikan range vocalnya, dan pastinya saya dapat menjamin seorag vocalis yang sudah terjerat dengan rokok hanya bisa menaikan range vocalnya hanya di situ saja walauun naik hanya beberapa oktaf saja.

5. Menjaga Otot Leher
Beberapa penyanyi atau voalis yang sudah memiliki tingkatan yang mahir pasti akan selalu menjaga otot2 lehernya agar tetap rileks, dan ini memang perlu di jaga. Jadi ketika kalian bernyanyi entah itu menggunakan nada tinggi atau nada rendah tetap lah rileks, biasanya seorang vocalis yang profesional akan memiringkan kepalanya agar otot lehernya tetap terjaga.

6. Hirup Udara Segar
Seorang vocalis berbeda dengan manusia pada umumnya, dimana mereka membutuhkan udara yang lebihbanyak. Cobalah untuk menghirup udara pagi hari semaksimal mungkin lalu membuangnya secara perlahan, karena itu perlahan akan membuka pita suara yang lebih baik.

7. Jangan Membersihkan Tenggorokan
Jika kamu seorang vocalis yang memang ingin menjadi profesional, maka jangan terlalu banyak melakukan pembersihan tenggorokan kamu atau sering di bilang berdahak dan di keluarkan. Resiko dari sering membersihkan tenggorokan dari berdahak akan membuat kering, dan jangan terlalu mengkonsumsi sebuah kafein.

8. pemanasan
Sama halnya dengan tubuh anda jangan memaksakan suara kamu untuk langsung mengeluarkan suara yang besar, karena akan bisa merusak dari pita suara  itu sendiri. Berikanlah latihan – latihan kecil menggunakan doremi dasar saja, dan tentunya ini akan memberikan efek yang sangat baik untuk suara kamu sendiri.

Berikut beberapa cara agar terus bisa menjaga dan memelihara suara anda dari kerusakan yang cukup fatal, dengan mengikuti beberapa cara ini mungkin suara anda akan lebih terjaga dari pada tidak sama sekali.

Jangan lupa di SHARE , , , , !!!!
Jangan Pelit SHAREnya ya , , , , !!!