Membahas Masalah Teknik dan Ilmu Tentang Musik

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 04 Februari 2017

Tutorial Cara Tips Bermain Dan Belajar Kunci Bass Dari Nol Untuk Pemula

Cara Bermain Dan Belajar Kunci Bass – Bagi kalian yang saat ini sedang mendalami permainan bass guitar tentunya harus mengetahui dasar cara bermain bass dan kuncinya. Tidak sedikit dari para musisi pemula yang selalu ingin langsung bisa dalam bermain musik salah satunya adalah pemain bass, namun sebenarnya musisi pemain bass yang sudah senior dan sudah legend juga pasti sudah pernah merasakan dengan namanya belajar dari dasar atau dari nol.

Untuk kamu yang saat ini ingin mendalami permainan bass sebaiknya mantapkan dulu mental kamu untuk bisa bersabar dalam berlatih, karena pada dasarnya tidak ada orang yang langsung bisa dan harus dari dasar dulu. Disini saya sudah siapkan satu buah video tutorial agar kamu lebih bisa memahaminya nanti.

Pertama perhatikan kunci dasar pada bass dulu, di bawah ada beberapa kunci paling dasar yang harus di pahami pada bass, dimana saya hanya memberi kunci dasar pada senar paling atas yaitu senar no 6 dan no 5 dengan nada E untuk senar no 6 dan A untuk senar 5.
Cara Bermain Dan Belajar Kunci Bass
Cara Bermain Dan Belajar Kunci Bass
Jika kamu sudah bisa memahami dan menghafal semua kunci dasar tersebut coba mainkan bass tersebut sambil mendengarkan musik yang mudah, contohnya bisa menggunakan lagu Peter Pan (NOAH) judulnya Mimpi yang Sempurna. Mainkan dan iringi lagu tersebut dengan kamu bermain bass. Jika kamu sudah mulai lancar dengan permainan kamu dengan mengiri musik, maka tidak ada salahnya kamu coba ngejam bersama teman – teman kamu sendiri di studio musik.

Cara bermain bass sendiri saya contohkan dengan dua permainan yang dasar :

Pertama
Cobalah mainkan bass dengan cara memetiknya terus menerus dengan dua jari yakni telunjuk dan juga jari tengah, dimana ini di sebut dengan bermain acord yakni meramaikan suara musik. Biasanya bermain ini ketika kedua pemain gitar sedang melakukan permainan melodi secara bersamaan (harmonisasi). Jadi intinya agar musik tidak terdengar sepi maka pemain bass melakukan permainan ini, namun untuk tingkatan pemula tidak apa2 melakukan permainan ini secara full lagu juga (namanya juga belajar jangan malu.)

Kedua
Mainkan bass dengan memetik senar dengan jeda waktu sepersekian second detik, dan biasanya ini mengikuti ketukan dari pemain drum. Jadi intinya seperti ini jika pemain drum menginjakan kakinya ke pedal drum atau kick drum, maka kamu juga harus memetiknya secara bersamaan dengan drummer tersebut. Ini sering sekali di lakukan oleh para pemain yang sudah profesional sekalipun.

Untuk contoh berikut videonya bisa kamu simak sendiri.


Jangan Lupa Di SHARE Untuk Saling Berbagi Ilmu, , , , !!!
Jangan Pelit SHARE Nya SOB, , , , !!!