Membahas Masalah Teknik dan Ilmu Tentang Musik

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 06 Oktober 2016

Mengenal Fungsi Nama Dan Pengertian Bagian Pada Gitar Lengkap

Pengertian Gitar – Gitar adalah salah satu alat musik yang banyak sekali di gunakan oleh manusia dimana memang gitar adalah salah satu alat musik yang sangat di gemari oleh siapapun juga. Beberapa bagian dari gitar mungkin terlihat biasa saja namun saya percaya tidak semua mengenal bagian – bagian pada gitar, dimana bagian pada gitar ini memang terlihat sedikit rumit jika di kenal seluruhnya. Berikut beberapa nama bagian pada gitar dan fungsinya.

1.  HEAD GITAR/HEAD STOCK dan TUNING PEGS fungsi dari head sendiri yakni untuk menahan beban dari tarikan senar gitar yang sudah di susun dengan rapi dan sudah di tuning, sedangan untuk tuning pegs sendiri untuk menyetel / tuning / stem senar agar memiliki nada yang di sesuaikan pemain gitar.

2.     NUT. Untuk nut disini terbagi menjadi dua bagian yakni Nut untuk gitar UP Down dan juga NUT untuk gitar biasa (no Up Down). Dari Nut UpDown ini berfungsi untuk mengunci senar di bagian leher gitar yang dimana sudah di tuning, sedangkan NUT biasa berfungsi untuk mengatur dan memposisikan senar agar tersusun dengan rapi dan agar tidak berceceran kemana – mana.

3.    NECK memiliki fungsi untuk meletakan beberapa partikel gitar lainya seperti tuning, Fret, NUT dan lainya. Kata lain dari NECK ini biasa sering di sebut dengan “Setang Gitar”, dimana di dalam NECK ini biasanya terdapat sebuah besi yang fungsinya agar NECK tidak mudah bengkok yang akan mempengaruhi nada dari gitar tersebut.

4.      FRET akan memiliki peran untuk membagi beberapa nada mulai dari yang terendah hingga ke tinggi, dengan adanya ini maka nada yang di hasilkan tentunya berparian. Fret ini juga sering sekali di sebut dengan “Besi Grip”.

5.      Fingerboard memiliki fungsional yang sama persis dengan Fret, dimana ini berkaitan erat sekali antara pembagian nada yang di lakukan oleh Fret dan juga Fingerboard.
Mengenal Fungsi Nama Dan Pengertian Bagian Pada Gitar
6.   STRAP PIN atau sering di kenal sebagai paku penahan. Fungsi dari Strap Pin ini untuk menahan gitar agar lebih mudah di mainkan oleh gitaris saat memaikan gitar sambil berdiri.

7.    STRAP Gitar atau sering di kenal dengan sebutan sabuk gitar mungkin ini sudah tidak perlu di bahas, karena pasti sudah mengetahuinya semua.

8.     Body Gitar atau di sebut dengan tubuh gitar ini memiliki fungsi yang sangat banyak sekali, dimana salah satunya untuk menampung beberapa mesin mulai dari A sampai Z salah satunya adalah PICK UP dan juga Tremolo.

9.  PICKUP SELECTOR SWITCH ini memiliki dua Jenis yang berbeda, ada yang memiliki 3 Fungsi dan ada yang lebih. Yang memiliki 3 Fungsi biasanya memberikan suara yang Soft, Medium, dan Hard, sedangkan yang lebih biasanya perubahan suara yang halus mulai dari yang Soft Hingga Hard. Fungsinya sendiri untuk mendapatkan sebuah Sound yang diinginkan oleh seorang gitaris.

10. VOLUME & TUNE CONTROL memiliki fungsi untuk mengatur suara yang di hasilkan oleh sebuah gitar, dimana biasanya seorang gitaris yang sudah mahir akan selalu memainkan pengaturan sound ini selain dari sound efex.
Baca juga tengang Pengertian Nama Bagian Drum Set
11. PICK GUARD Fungsinya hanya untuk menahan dari beberapa goresan saat bermain, namun bagi seorang gitaris yang sudah mahir tentunya Pick Guard ini menjadi sebuah hiasan agar gitar yang dimilikinya semakin cantik dan mempesona.

12. PICK GITAR memiliki fungsi untuk memetik dan memainkan senar gitar tanpa harus merusak kuku, Pick Gitar ini sebenarnya terbagi menjadi beberapa bagian mulai dari Pick tipis, Tebal, Pick Untuk Memetik, dan lain sebagainya tergantung dari kebutuhan gitaris saat memainkanya.

13. PICK UP ini memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting bagi gitar elektrik, karena dengan adanya ini maka suara akan keluar dengan bantuan dari partikel – partikel lainya. PICK UP ini memiliki berbagai jenis macam Merk dan juga Bentuk sesuai dengan gitarnya masing – masing, dan tentunya jika ingin memiliki suara yang bagus dan jernih maka harus memilih Pick UP dengan harga yang cukup mahal.

14. BRIDGE akan memiliki peranan untuk menahan bentangan senar dari bodi gitar, bridge ini juga memiliki berbagai jenis sesuai dengan gitar yang dimiliki.

15. TREMOLO ini termasuk ke dalam Paket, dimana di dalamnya terdapat Fine Tuner, Handle, dan Bride ini biasanya terdapat di gitar yang bertipe UP Down. Tremolo memiliki fungsi untuk menghasilkan suara yang khas sekali, untuk Fine Tuner yakni mentuning senar dengan halus, Handle untuk menarik dan merendahkan nada saat bermain gitar. 

Yuk di SHARE , , , !!!
Jangan Pelit SHARENYA Gan , , , !!!