Membahas Masalah Teknik dan Ilmu Tentang Musik

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 13 Oktober 2016

Cara Mengenal Fungsi Dan Pengertian Pada Bass Gitar Lengkap

Fungsi Bass Guitar – Bass adalah salah satu alat musik yang kurang di sukai oleh pemain musik pemula namun jika sudah di dalami bass adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah band. Bagi seseorang yang baru terjun ke dunia musik pasti akan mengira bass adalah alat musik yang membosankan dan ketertartikan pada bass itu sendiri sangat kecil, namun ketahuilah di luar sana atau musisi yang sudah papan atas sangat menyukai sekali dengan yang namanya bass salah satunya adalah Agnes Monica dan Erwin Gutawa. Bagi mereka Bass adalah alat musik yang paling cantik dan menggoda.

Dari pandangan musisi pemula atau seseorang yang baru terjun ke dunia musik bass adalah hal yang tidak penting dalam lentunan sebuah musik, namun kenapa ketika anda memutar musik menggunakan headphone pasti memilih bassnya di besarkan? Dari situ saja sudah terlihat sebenarnya anda mengetahui bass itu sangat penting sekali, namun memang disini anda memang kurang memahami tentang fungsi dari bass itu sendiri.

Fungsi dari bass dalam sebuah band atau musik lainya adalah untuk mengiringi ketukan daridrum dan untuk memperindah dari irama musik tersebut, dimana jika sebuah bass tidak ada maka sebuah band atau lagu akan menghasilkan nada yang datar atau camplang. Memang tidak memungkiri ada sebagian band yang tidak memiliki bassist, namun sebenarnya ketika mereka Take lagu (Recording) atau sedang perfome Live pastinya mereka menggunakan bass yang memang tidak di tampilkan ke publik yang menjadi bagian dari bandnya.
Cara Mengenal Fungsi Dan Pengertian Pada Bass
Cara Mengenal Fungsi Dan Pengertian Pada Bass
Baca terlebih dahulu : 
Mengenal Nama dan FungsiBagian Pada Bass dan Gitar
Bass sendiri disini di bagi menjadi 3 Kriteria (bukan merk) yang bisa anda mainkan, dimana ketiga kriteria dari bass ini memiliki fungsinya masing – masing dan sesuai dengan kebutuhan dari bassist sendiri. Berikut ulasanya.

·         Bass 4 Senar (4 String)
Bass dengan senar 4 ini biasanya di gunakan oleh para bassist umum (pemula – mahir), dan jenis bass ini sering sekali di temukan di studio – studio musik. Nada dari bass ini yakni E A D G (mulai dari senar atas), dan bagi kalian yang masih belajar sebaiknya gunakan dulu bass tipe ini. Belajarlah 2 senar atas dulu, jika sudah paham lanjut ke 2 senar di bawah.

·         Bass 5 Senar (5 String)
Bass dengan 5 senar ini bisa di bilang sering di gunakan oleh bassist yang sudah memiliki pemahaman yang cukup baik di bass, dimana ini tentunya akan mempengaruhi permainan bassist itu sendiri. Nada yang di hasilkan adalah E A D G B, kesulitan dari bass ini terilang medium dan cukup sullit untuk di mainkan jika memang ingin menyentuh semua senarnya.

·         Bass 6 Senar (6 String)
Bass yang tipe satu ini adalah tingkatanya sudah High, dimana para profesional pasti akan memilih bass yang bertipe ini. Kebanyakan dari bass ini di gunakan oleh para pemain musik yang beraliran Jazz dan Blues, namun tidak menutup kemungkinan yang bergenre lain pun bisa memainkanya salah satunya adalah John Myung (Bassist Dream Theater). Nada yang di hasilkan E A D G B E sama dengan gitar dengan tuning normal tanpa drop.

Saran dari saya silahkan pahami dan dalami dulu mengenai permainan drum dari nol, jangan terburu – buru ingin menguasai bass tanpa adanya jalur yang jelas. Perlahan namun pasti.

Yuk di SHARE , , , , !!!!
Jangan Pelit SHAREnya ya , , , , !!!