Membahas Masalah Teknik dan Ilmu Tentang Musik

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 11 Oktober 2016

Cara Mengenal Nama Fungsi Memahami dan Pengertian Pada Drum Set

Mengenal Nama Fungsi DrumSet – Drum adalah salah satu alat musik yang  terkenal namun kebanyakan dari orang tidak mengerti dan memahami apa saja nama dari bagian drum itu dan apa fungsinya. Drum adalah alat pukul yang sangat terkenal dan memang drum ini sangat penting dalam sebuah band musik dan bahkan dalam sketsa2 tertentu, drum sendiri memiliki beberapa bagian yang harus kita kenali jika kita adalah seorang drummer. Berikut penjelasanya.

·         RIM
Rim pada drum memiliki fungsi untuk mengencangkan sebuah Head pada drum, dimana ini juga alat bantu untuk sebuah tuning pada drum. Ukuran dari RIM sendiri memiliki banyak varian, sesuai dengan ukuran yang mana yang di butuhkan oleh para drummer.

·         SNARE & STAND SNARE
Snare memiliki ukuran diameter dan dimensi yang berbeda – beda ssuai dengan kebutuhan pemain drum, namun untuk ukuran normal memiliki ukuran 14” biasanya terdapat di studio musik, sedangkan Stand Snare sendiri juga memiliki banyak varian ada yang di di scroll dan ada pula yang mencengkram.

·         SNAPPY
Snappy terletak pada bagian bawah snare untuk menghasilkan suara snare yang khas, snappy disini biasa di sebut dengan Per Snare. Snappy juga memiliki banyak ukuran mulai dari yang kecil hingga besar, tergantung dari ukuran snare yang di gunakan.

·         TOM & STAND TOM
Tom pada drum memiliki peranan yang cukup kuat sama halnya dengan sebuah snare, tom disini memiliki banyak ukuran mulai dari 12” 14” dan 16”. Namun ada juga yang lebih kecil, jika kalian sering liat Mike Portnoy (Drummer Dream Theater) dia sering sekali menempatkan Tom yang berukuran sangat kecil sekali. Sedangkan Stand Tom sendiri ada 3 jenis yakni yang di tempelkan langsung ke kick drum, menempatkan ke Stand Cymbal, dan Menggunakan partikel khusus (besi) yang sudah di rancang sedemikian rupa.

·         FLOOR & STAND FLOOR
Floor ini memiliki suara yang hampir menyerupai dengan Kick, namun dari segi suara dari sisi Low nya lebih rendah. Floor memiliki 2 ukuran yakni 16” dan 18”, dan biasa yang sering di gunakan adalah ukuran 18”. Stand Floor sendiri memiliki 3 Kaki yang menunjang sebuah Floor.

·         KICK DRUM dan STAND KICK
Di dalam Drum set mungkin ini adalah bagian yang laing besar ukuranya, karena ukuran dari Kick Drum ini ada 2 jenis yakni 20” dan 22”. Dari ukuran panjang atau diameter Kick ini ada beberapa jenis mulai dari yang standart hingga yang panjang, tentu suara yang di hasilkan sangat berbeda sekali. Stand Kick ini memiliki 2 buah yang berfungsi untuk menahan Kick saat di mainkan, dan tentunya untuk menyeimbangkan Kick drum.

·         DRUM HEAD
Drum Head adalah sebuah lapisan plastik yang di tempatkan pada snare, tom, floor dan kick drum, dimana Head Drum ini juga sering sekali di sebut dengan Mimbran Drum. Dari jenis sendiri memiliki banyak merk tentunya akan menghasilkan suara yang berbeda2, dan ukuran dari Head juga memiliki banyak macam.

Cara Mengenal Nama Fungsi Memahami dan Pengertian Pada Drum Set
Cara Mengenal Nama Fungsi Memahami dan Pengertian Pada Drum Set

·         HIT – HAT & STAND HIT – HAT
Hit hat sendiri memiliki fungsi untuk membuat musik agar semakin menarik di saat memainkanya, kebanyakan dari drummer yang sudah warbyaza pasti hit hat ini akan di jadikan media untuk metronome dan juga sentuhan menarik dalam memainkanya. Stand Hit Hat sendiri memiliki dua jenis, yakni yang memiliki 3 kaki serta 2 kaki.

·         CYMBAL SPLASH
Splash a dalah bagian drum yang sangat imut dan ukuranya pun sangat mini sekali yakni 6” 8” 10”, dimana memang splash menjadi salah satu keindahan dari drum. Splash ini berfungsi untuk memperindah ritme permainan drum, namun jarang sekali pemain drum pemula yang bisa menggunakan ini.

·         CYMBAL CRASH
Dari ukuran crash ini memiliki 3 macam namun ukuran crash sebenarnya hanya ada dua yakni 14” dan 16”, sedangkan yang 18” sudah termasuk ke Cymbal Crash Ride. Crash adalah keluarga drum yang bisa di bilang suara penghancur dari drum, karena ini memiliki suara yang cukup keras.

·         CYMBAL RIDE
Cymbal ride adalah ukuran cymbal yang paling besar yakni 20” dan 22”, namun ada juga yang ukuran 18” namun itu termasuk ke dalam ukuran cymbal Crash Ride seperti yang di sebutkan di atas. Cymbal ride memiliki fungsi untuk perpindahan suara dari Hit Hat, namun jika pemain yang membutuhkanya kadang Hit Hat dan Ride bisa dimainkan bersamaan sesuai dengan kebutuhan lagu.

·         CYMBAL CHINESSE
Chymbal yang satu ini adalah cymbal yang sangat khusus dan bisa di bilang ini adalah BOM dari sebuah drum dari suaranya yang khas, dimana suara Chinesse ini sangat keras namun memiliki sustain yang pendek sekali. Cymbal ini posisinya terbalik dan ukurannya yakni mulai dari 14” 16” dan 18”.

·         STAND CYMBAL
Stand Cymbal sendiri memilki banyak sekali varian dan tentunya tidak bisa di jelaskan satu – satu, fungsi dari stand ini untuk menyimpan sebuah Cymbal sesuai dengan jenis Cymbal apa yang di butuhkanya.

·         PEDAL DRUM & HAMMER PEDAL
Pedal drum memmiliki banyak merk dan varian bentuk dan tentunya kestabilitasanya sangat berbeda sekali, pedal drum memiliki fungsi untuk memukul sebuah kick dengan cara yang banyak salah satunya adalah triple stroke yang nanti akan kami bahas secara detail. Hammer dari pedal sendiri memiliki banyak macam vareasi juga, dan yang paling bagus adalah hammer yang memiliki kepadatan busa yang keras.
Baca Juga Tentang Mengenal Nama Fungsi Bagian Gitar 
·         COWBELL
Cowbell adalah bagian set drum yang jarang sekali di jumpai di beberapa studio musik termasuk dari splash dan chinesse, karena memang ketiga benda ini sangat jarang di mainkan oleh beberaa pemain drum pemula. Cowbell ini juga memiliki suara yang sangat unik, dan salah satu drummer yang tidak pernah ketinggalan barang ini adalah Bimbim Slank.

Itu adalah beberapa bagian dasar yang ada pada sebuah drum, jika bertanya apakah masih ada lagi bagian lain pada drum maka jawabanya masih banyak. Namun dari beberapa penjelasan di atas itu sudah menjadi dasar bagi kalian drummer untuk mengetahuinya.

Yuk di SHARE , , , !!!

Jangan Pelit SHAREnya ya , , , !!!