Membahas Masalah Teknik dan Ilmu Tentang Musik

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 19 Oktober 2016

Tutorial Belajar Drum Cara Memegang Stick Yang Benar

Cara Memegang Stick DrumYang Benar – Cara memegang stick drum yang benar tentunya akan mempengaruhi permainan drum sendiri yang dimana hasil bunyi yang di hasilkan akan berbeda satu sama lain. Beberapa cara memegang stick mungkin bagi drummer pemula masih bingung caranya itu seperti apa dan juga bagaimana, sebenarnya ini simpel – simpel saja namun kebanyakan dari pemula mereka hanya langsung terjun saja ke drum tanpa beladar dasar2 dari alat drum dahulu.

Bagaimana Memegan Stick Drum Yang Benar???

Cara memegang stick yang benar dan tepat itu sebenarnya tidak selalu di benarkan, dan menurut saya pribadi memegang stick itu tergantug dari drummer itu sendiri apakah dengan cara seperti ini nyaman dan apakah dengan cara seperti itu nyaman. Pengalaman saya pribadi di dunia musik dan sering manggung kesana kemari, banyak sekali drummer yang memiliki cara sendiri untuk memegang stick drum. Dari pengalaman saya pribadi saya akan memberikan cara bermain saya sendiri pada sebuah drum, dan yang pasti cara memegang drum ini ada dua bagian yakni MATCHEAD GRIP dan TRADISIONAL GRIP.

TRADISIONAL GRIP

Cara memegang stick yang satu ini yakni dengan cara meletakan genggaman tangan berada di bawah stick, dimana ini sering di gunakan oleh drummer2 yang beraliran musik soft seperti Jazz, Blues, Bosas, dan lain lain. Permainan dengan cara memegang stick drum seperti ini juga sering sekali di gunakan oleh anggota Marching Band, karena memang mereka mengguakan suara yang soft karena memiliki group.
MATCHEAD GRIP

Cara memegang drum ini adalah cara dengan mengepalkan kedua tangan agar menghasilkan sound yang power full, dimana ini banyak sekali di gunakan oleh drummer2 yangmemiliki soul yang aktif (musik medium dan high). Disini saya sendiri memanfaatkan jari telunjuk, tengah, dan jempol, dimana ketiga jari tersebut membuat sebuah segitiga jika di lihat baik2, dan untuk jari manis dan kelingking berfungsi untuk mendorong stick pada bagian belakangnya.

Disini cara menempatkan tangan kita terletak pada bagian ¼ dari bagian belakang stick drum, sehingga titik fulcrum yang kita pegang itu tepat. Titik fulcrum adalah sebuah pantulan dari stick drum yang paling baik, dan tentunya ini akan cukup berpengaruh pada permainan. Jenis memegang stick drum seperti ini di gunakan oleh Eno Netral, Iqmal Tobing, Hannah Ford, Travis Barker, dan lain – lain, karena mereka memang sering memaikan sebuah speed.
Baca juga tentang
PengertianNama Bagian Pada Drum Set
PengertianNama Bagian Pada Gitar
Fungsi danJenis Alat Musik Bass
Dari penjelasan di atas bisa di jadikan referensi bagi kamu yang saat ini sedang mendalami permainan drum, namun ingat ini tidak menjadi sebuah patokan bagi kamu untuk mengikutinya. Hal yang harus kamu perhatikan adalah sering – sering lah melihan permainan drum papan atas dan bagaimana cara memegang sticknya, dan ada juga yang memegang stick di ujung yakni Mike Portnoy, Sandi Pass Band, dan lain lain.

Yuk Di SHARE Dan Saling Berbagi Pengetahuan , , , , !!!
Jangan Pelit SHAREnya Ya , , , , !!!